Translate

Tuesday, October 13, 2015

FONT AKSARA BALI






þ sÙsÓÓêsÓ¡   .


Sebelum memulai blog ini tyang sampaikan terima kasih kepada Bapak Made Suatjana sesuai data yang tyang temukan dalam file panduan Bali Simbar. Dalam blog ini tyang ingin semeton bali terutama kaum muda mau melestarikan bahasa bali terutama dalam mempelajari tata cara penulisan aksara bali.

Sebelum memulai penulisan dalam aksara bali ada baiknya font aksara bali di-download terlebih dahulu. Semeton dapat men-download dengan search di google. Ukuran file 3.29 MB berupa WinRAR ZIP. Kemudian file WinRAR ZIP di extract,selanjutnya file bali-b.dot di-copy kemudian di-install. Semeton masuk ke desktop kemudian klik start kemudian masuk ke control panel sesuai petunjuk panduan penggunaan dalam file yang semeton download. Selanjutnya masuk ke folder font lalu klik file di sudut kiri atas folder font. Kemudian muncul install new font lalu klik file bali simbar yang telah semeton extract tadi kemudian klik OK. Ulangi sampai file yang muncul habis di-install. Kalau kurang jelas semeton bisa baca di file panduan penggunaan atau bisa menghubungi Bapak Made Suatjana yang membuat program font aksara bali ini.

 Penggunaan font aksara bali untuk komputer pertama kali di buat oleh Bapak Made Suatjana adalah Bali Simbar. Font ini dibuat dengan memanfaatkan alokasi dari kodifikasi ASCII yang di kamuflasekan dalam bentuk karakter aksara bali. Namun kelemahan font ini penggunaannya terbatas pada pengetikan menggunakan template untuk microsoft word. Dan juga bisa diaplikasikan dalam penulisan blog seperti di blog tyang ini. Font aksara bali sementara belum bisa penggunaannya dalam mengirim email, mengirim pesan atau buat status dalam facebook, yahoo mesengger, BBM , twitter,dan lain-lainnya.

Demikian perkenalan tyang dalam blog ini semoga semeton sebentar lagi bisa mencobanya.........



   s)lmt/  



m)ezÇob.



No comments:

Post a Comment